SEKILAS INFO
04-06-2020
  • 16 jam yang lalu / Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2019/2020 akan berlangsung selama 8 hari dari tanggal 8 s/d 17 Juni 2020
  • 16 jam yang lalu / Keluarga Besar SMK Negeri 45 Jakarta Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 H “Taqobballohu Mina Wa Minkum, Taqobbal Yaa Kariiim
  • 4 bulan yang lalu / Untuk Siswa/i SMKN 45 Jakarta, Yang Belum Melakukan Remedial Silahkan Hubungi Guru Mata Diklat Yang Bersangkuta.
11
Jan 2020
0
Soal Pedagogik

PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

  1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
  2. Kemampuan berkomunikasi
  3. Kemampuan untuk memecahkan masalah
  4. Kemampuan berinteraksi
  5. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
  6. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah…..
  7. Inspirasi
  8. Budaya
  9. Inspirasi
  10. Pengasuhan dan lingkungan
  11. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
  12. 0 – 2 tahun
  13. 2 — 7 tahun
  14. 7 — 11/12 tahun
  15. 11/12/ — 14/15 tahun
  16. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
  17. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
  18. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
  19. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
  20. D.Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK  

  1. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
  2. Kognitif
  3. Sosial
  4. Emosional
  5. Moral
  6. Seorang peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik.

Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…

  1. Moral
  2. Spiritual
  3. Sosial emosional
  4. Kognitif
  5. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan …

  1. Sosial-emosional
  2. Kognitif
  3. Moral
  4. Spritual

SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK  

  1. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan …

  1. Penalaran pascakonvensional
  2. Penalaran konvensional
  3. Penalaran prakonvensional
  4. Penalaran interkonvensional
  1. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.

Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral …

  1. Prakonvensional
  2. Konvensional
  3. Pascakonvensional
  4. Interkonvensional

SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA

  1. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
  2. Mengemukakan gagasan
  3. Mengaktualisasikan diri
  4. Penciptaan hubungan yang baik
  5. Menformulasikan tindakan
  6. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
  7. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
  8. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
  9. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
  10. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
  11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ….
  12. Kesulitan akademis
  13. Gangguan simbolik
  14. Gangguan non simbolik
  15. Gangguan sosial
  16. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah….
  17. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
  18. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
  19. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
  20. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
  21. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
  22. Sosiometri
  23. Angket
  24. Wawancara
  25. Brainstorming
  26. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
  27. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
  28. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
  29. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
  30. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
  31. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor …
  32. Keluarga
  33. Sosial
  34. Kondisi fisik
  35. Intelektual

SOAL TEORI BELAJAR  

  1. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
    1. Behaviorisme
    2. Humanistik
    3. Sibernetik
    4. Kontruktivisme
  2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
    1. Sibernetik
    2. Humannistik
    3. Behaviorisme
    4. Konstruktivisme
  3. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
    1. Humanistik
    2. Konstruktivisme
    3. Kognitivisme
    4. Nativisme
  4. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
    1. Sibernetik
    2. Konstruktivisme
    3. Behaviorisme
    4. Kognitivisme
  5. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
    1. Behaviorisme
    2. Konstruktivisme
    3. Kognitivisme
    4. Sibernatik

SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  

  1. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
    1. Silabus
    2. RPP
    3. Silabus dan RPP
    4. SKL
  2. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari….
    1. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
    2. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
    3. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
    4. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
  3. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
    1. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
    2. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
    3. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
    4. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
  4. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
    1. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
    2. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
    3. RPP bersumber dari silabus
    4. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
  5. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari….
    1. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
    2. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
    3. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
    4. Silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
  6. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ……
  • Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
  • Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
  • Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah….

  1. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
  2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  3. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
  4. Keterkaitan dan keterpaduan
  1. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
  1. Metode mengajar yang digunakan guru
  2. Karakteristik bahan ajar
  3. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
  4. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
  1. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
  • Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
  • Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
  • Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.

Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis….

  1. Kognitivisme
  2. Behaviorisme
  3. Konstructivisme
  4. Humanisme
  1. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
    1. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.
    2. Pemberian tugas yang tersetruktur.
    3. Penggunaan metode bervariasi
    4. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
  2. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
    1. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
    2. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
    3. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
    4. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
  3. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
    1. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
    2. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
    3. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
    4. Ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
  4. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
    1. Role Playing
    2. Inquiry
    3. Problem Solving
    4. Picture and Picture
  5. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
    1. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
    2. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
    3. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
    4. Motivasi belajar siswa
  6. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:
    1. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
    2. Membuat media dan alat bantu sederhana
    3. Menggunakan media dan alat bantu
    4. Merawat media dan alat bantu
  7. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
    1. Pencapaian standar kompetensi
    2. Pencapaian kompetensi dasar.
    3. Pencapaian tujuan pembelajaran
    4. Pencapaian standar kelulusan
  8. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
    1. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
    2. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
    3. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
    4. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
  9. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didikmengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
    1. Memindahkantempat duduk peserta didik ke mejayang paling depan
    2. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
    3. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
    4. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
  10. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
    1. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
    2. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
    3. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
    4. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
  11. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ….
    1. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
    2. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
    3. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
    4. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  12. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali….
    1. Sharing dengan teman
    2. Guru kreatif
    3. Pengalaman nyata
    4. Menggunakan satu sumber
  13. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
    1. Sahih
    2. Kebermanfaatan
    3. Layak dipelajari
    4. Menarik minat
  14. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola….
    1. Kausal
    2. Spiral
    3. Kronologis
    4. inquiri

SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

  1. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria…

  1. Tujuan
  2. Sasaran didik
  3. Ketersediaan
  4. Konteks penggunaan
  5. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
    1. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
    2. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
    3. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
    4. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
  6. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
    1. Media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas       
    2. Media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
    3. Media tradisional dan media berbasis tik
    4. Media dua dimensi dan media tiga dimensi
  7. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah…

  1. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
  2. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
  3. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
  4. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
  1. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
    1. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tik
    2. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
    3. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran         
    4. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
  2. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

  1. Menampilkan objek yang terlalu besar
  2. Membuat konkrIt konsep yang abstrak  
  3. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
  4. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
  1. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

  1. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
  2. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
  3. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
  4. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
  1. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
    1. Book
    2. Forum
    3. Blog  
    4. E-portofolio
  2. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

  1. Program mencari informasi
  2. Program desktop publishing
  3. Program untuk menjelajahi laman
  4. Program penciptaan laman
  1. Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah…
    1. gmail.com
    2. google.com
    3. hotmail.com
    4. cari-data.com
  2. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah…

  1. yahoo.com
  2. gmail.com
  3. hotmail.com
  4. cari-data.com
  1. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah…
  1. Microsoft Database
  2. Microsoft PowerPoint
  3. Microsoft Desktop Publishing
  4. Microsoft Word
  1. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah….
    1. Microsoft Database
    2. Microsoft Spread Sheet
    3. Microsoft Power point
    4. Microsoft Desktop Publishing
  2. Tools pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.

Fitur moodle ini adalah…

  1. Quiz
  2. Page
  3. Lesson
  4. Blog
  1. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah…
    1. Penulis konten (content writer)
    2. Penata grafis (design grafis)         
    3. Perancang pembelajaran (course design)
    4. Pemrogram komputer (computer programmer).
  2. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

  1. Portofolio
  2. Saintifik
  3. Penemuan
  4. Autentik
  1. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .

Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….

  1. Portofolio
  2. Saintifik
  3. Penemuan
  4. Autentik
  1. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ….

  1. Project based learning
  2. Discovery Learning
  3. Problem Based Learning
  4. Inquiry learning
  1. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ….

  1. Project based learning
  2. Inquiry learning
  3. Discovery learning
  4. Problem based learning
  1. Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.

Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ….

  1. Project based learning
  2. Problem based learning
  3. Discovery learning
  4. Inquiry learning
  1. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.

Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran …

  1. Inquiry learning
  2. Problem based learning
  3. Project based learning
  4. Discovery learning
  1. Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.

Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ….

  1. Problem solving learning
  2. Problem based learning
  3. Project based learning
  4. Discovery learning
  1. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
  • Penentuan Pertanyaan Mendasar,
  • Mendesain Perencanaan Proyek,
  • Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
  • Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
  • Menguji Hasil (Assess the Outcome),
  • Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ….

  1. 1-2-3-4-5-6
  2. 1-3-2-4-5-6
  3. 1-3-2-5-6-4
  4. 1-2-3-5-4-6
  1. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
  • Mengorganisasi siswa dalam belajar
  • Orientasi siswa pada masalah
  • Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ….

  1. 1-2-3-4
  2. 2-3-1-4
  3. 3-2-1-4
  4. 2-3-1-4
  1. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.
  • Orientasi siswa pada masalah
  • Mengorganisasi siswa dalam belajar
  • Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ….

  1. Discovery learning
  2. Project based learning
  3. Problem solving learning
  4. Problem based learning

SOAL PENILAIAN

  1. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
    1. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
    2. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
    3. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
    4. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
  2. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali….
    1. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
    2. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
    3. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
    4. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
  3. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
  4. Pencapaian standar kompetensi
  5. Pencapaian kompetensi dasar.
  6. Pencapaian tujuan pembelajaran
  7. Pencapaian standar kelulusan
  8. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
    1. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
    2. Menambah bahan pelajaran baru
    3. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
    4. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
  9. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
    1. Pedoman observasi
    2. Kuesioner
    3. Pedoman wawancara
    4. Tes hasil belajar
  10. Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
    1. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke mejayang paling depan
    2. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
    3. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
    4. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
  11. Sebelumguru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
    1. Buku sumber yang digunakan
    2. Kurikulum dan silabus
    3. Indikator pencapaian kompetensi
    4. Kemampuan awal siswa
  12. Salahsatu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
    1. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
    2. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
    3. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
    4. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
  13. Instrumenpenilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
  14. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
  15. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
  16. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
  17. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
  18. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
    1. Nilai batas ambang kompetensi
    2. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
    3. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
    4. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
  19. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
    1. Mean
    2. Modus
    3. Median
    4. Simpangan baku
  20. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
    1. Penilaian hasil belajar peserta didik
    2. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
    3. Penilaian silabus dan RPP
    4. Penilaian standar kompetensi lulusan
  21. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
    1. Transparan
    2. Bermakna
    3. Menyeluruh
  22. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
    1. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
    2. Menyampaikan laporan ke atasannya
    3. Menyusun rencana tindak lanjut
    4. Menyusun laporan hasil pemantauan
  23. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
    1. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
    2. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
    3. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
    4. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
  24. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
    1. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
    2. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
    3. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
    4. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
  25. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
    1. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
    2. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
    3. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
    4. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
  26. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut….
    1. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
    2. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
    3. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
    4. Merencanakan pengajaran remidi
  27. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
    1. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
    2. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
    3. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
    4. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
  28. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ….
    1. Konstruktivisme
    2. Authentic assesment
    3. Efektif
    4. Kondusif

SOAL PENDEKATAN PENILAIAN

  1. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ….
    1. Penilaian acuan patokan
    2. Penilaian acuan norma
    3. Penilaian tuntas
    4. Penilaian berkelanjutan
  2. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.

Pendekatan tes yang dimaksud adalah….

  1. Penilaian berkelanjutan
  2. Penilaian menyeluruh
  3. Penilaian acuan patokan
  4. Penilaian acuan norma
  1. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.

Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ….

  1. Penilaian berkelanjutan
  2. Penilaian autentik
  3. Penilaian acuan patokan
  4. Penilaian acuan norma

SOAL TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN

  1. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
    1. Tujuan penilaian
    2. Prinsip penilaian
    3. Fungsi penilaian
    4. Hasil penilaian
  2. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
    1. Prinsip penilaian
    2. Tujuan penilaian
    3. Fungsi penilaian
    4. Bentuk penilaian.
  3. Fungsi penilaian yang tepat adalah …
    1. Alat meningkatkan prestasi peserta didik
    2. Alat untuk menemukan gaya belajar peserta didik
    3. Membantu peserta didik memahami materi pembelajaran
    4. Sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan perkembangan peserta didik.
  4. Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
    1. Objektif
    2. Adil
    3. Kooperatif
  5. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
    1. Adil
    2. Objektif
    3. Valid
    4. Sistematis
  6. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
    1. Adil
    2. Akuntabel
    3. Valid
    4. Sistematis
  7. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
    1. Adil
    2. Objektif
    3. Valid
    4. Sistematis
  8. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
    1. Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
    2. Menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
    3. Ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
    4. Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek

SOAL PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN

  1. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu…
    1. Fleksibilitas
    2. Interaktif
    3. Adaptif
    4. Kesinambungan
  2. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara…
    1. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
    2. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
    3. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
    4. Memberi tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa
  3. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
    1. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
    2. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
    3. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
    4. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
  4. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
    1. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
    2. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
    3. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
    4. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
  5. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
    1. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
    2. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
    3. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
    4. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

SOAL PTK

  1. Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah …
    1. Merumuskan masalah
    2. Mengidentifikasi masalah
    3. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
    4. Menyusun proposal penelitian
  2. Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
    1. Refleksi
    2. Observasi
    3. Perencanaan
    4. Pelaksanaan
  3. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
    1. Observasi –> refleksi –> perencanaan –> pelaksanaan tindakan
    2. Refleksi –> perencanaan –> pelaksanaan tindakan –> observasi
    3. Perencanaan –> observasi –> pelaksanaan tindakan –> refleksi
    4. Perencanaan –> pelaksanaan tindakan –> observasi –> refleksi
  4. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
    1. Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
    2. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
    3. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
    4. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
  5. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ….
    1. Kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
    2. Keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
    3. Keinginan untuk membantu guru
    4. Kepedulian peneliti akan kinerja guru
  6. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
    1. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
    2. Kegiatan yang direkayasa
    3. Perencanaan
    4. Upaya empiris dan sistematis
  7. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
    1. Pengumpulan data
    2. Menganalisis masalah
    3. Mencapai tujuan
    4. Menentukan ruang lingkup
  8. Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
    1. Guru
    2. Peneliti
    3. Guru dan Peneliti
    4. Objek Penelitian
  9. Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
    1. Pelaksanaan tindakan
    2. Observasi dan intepretasi
    3. Diskusi balikan
    4. Analisis data
  10. Tujuan PTK adalah…
    1. Perbaikan KBM
    2. Menyusun teori baru
    3. Memperbaiki teori
    4. Menyusun generalisasi
  11. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
    1. Analisis
    2. Refleksi
    3. Observasi
    4. Diskusi
  12. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
    1. Kesimpulan
    2. Prosedur penelitian
    3. Pendahuluan
    4. Metodologi penelitian
  13. Persiapan awal dalam PTK adalah…
    1. Menyiapkan cara wawancara
    2. Membuat analisis kelayakan hipotesis
    3. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
    4. Menyiapkan fasilitas dan sarana
  14. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
    1. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
    2. Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
    3. Uraian projek penelitian pendidikan
    4. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
  15. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
    1. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
    2. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
    3. Persiapan tindakan
    4. Observasi dan inperetasi.

SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah….
    1. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
    2. Untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
    3. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
    4. Untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
  2. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
    1. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
    2. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
    3. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
    4. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
  3. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ….
    1. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
    2. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
    3. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
    4. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
  4. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
    1. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
    2. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
    3. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
    4. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
  5. Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah …
    1. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
    2. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
    3. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
    4. Mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
  6. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
    adalah…
  7. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap  Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
  8. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
  9. Refleksi diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
  10. Refleksi adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.